Apakah Pengertian Suku Bunga Bank Sebenarnya?


Suku Bunga Bank – Suku bunga bank adalah imbalan jasa yang harus dibayarkan atas uang yang kita pinjam atau gunakan atau balas jasa yang harus ditanggung nasabah bank kepada pihak bank dan biasanya suku bunga kaan dinyatakan dalam persen.

suku bunga bank
suku bunga bank

Suku bunga menjadi acuan dalam pembuatan atau penggunaan produk bank seperti jasa penyimpanan, deposito, pinjaman atayu kedit dan lain – lain.
Jika ingin menggunakan produk bank berupa pinjaman atau kredit, nasabah harus mencari suku bunga bank kecil agar tagihan tidak membengkak.
Sedangkan bagi anda yang menggunakan produk perbankan seperti simpanan baik simpanan biasa atau berjangka nasabah harus mencari bank dengan suku bunga tinggi.
Suku bunga bank ditentukan oleh Bank Indonesia dan dijalankan oleh se;luruh elemen bank.

Macam – macam Suku Bunga

• Bunga Simpanan

Bunga yang diberikan kepada nasabah sebagai rangsangan atau tanda terima kasih telah menyimpan uang tersebut di bank. Dan biasanya diberikan setiap bulan sebagai magnet agar nasabah mau menyimpan atau menitipkan sejumlah uang baik berupa tabungan ataupun deposito yang nantinya uang tersebut akan digunakan sebagai uang pinjaman yang dipinjam oleh nasabah atau kreditur.

• Bunga Pinjaman
Bunga atau sejumlah uang tambahan yang harus dibayarkan nasabah kepada pihak bank karena telah mau meminjami sejumlah uang yang dibutuhkan dalam jangka waktu tertentu.
Dimana uang dari bunga tersebut akan digunakan sebagai bunga para debitur yang berbentuk bunga simpanan.

Suku Bunga Pinjaman

Suku Bunga Tetap

Sesuai dengan namanya, suku bunga bank tetap adalah suku bunga yang diberikan pada nasabah dimana selama periode kredit bunga tersebut tidak akan berkembang.
Meskipun bunga kredit di pasaran naik, bunga bank tidak akan ikut naik sedangkan jika bunga pinjaman bank menurun, maka bunga yang anda bayarkan anda tetap sama sesuai dengan perjanjian awal tanpa ada perubahan ataupun penurunan.
Beberapa produk yang menggunakan system ini adalah KTA. kredit motor, kredit mobil dan kredit yang memiliki jangka pendek lainnya.

Suku Bunga Mengambang

Suku bunga mengambang merupakan suku bunga acuan bank yang dapat berubah – ubah sewaktu – waktu sesuai dengan acuan bunga yang telah ditetapkan dan yang beredar di masyarakat.
Dengan menggunakan bunga bank jenis ini, maka anda tidak perlu takut akan bunga yang terlalu tinggi yang akan dibebankan.
Selain itu jika bunga acuan bank turun dipasaran maka bunga yang harus anda bayarkan juga akan turun, begitu juga sebaliknya.
Jika bunga acuan bank tersebut naik maka bunga yang harus anda bayarkan juga naik mengikuti arus pasar.
Jenis bunga ini biasanya banyak digunakan di produk perkreditan KPR.

Suku Bunga Simpanan

Seperti dijelaskan di atas suku bunga simpanan adalah bunga yang diberikan pihak bank kepada nasabah debitur yang telah pmenyimpan atau menitipkan pada pihak bank.
Bunga simpanan sendiri dibagi menjadi 2 yaitu suku bunga simpanan dan suku bunga deposito.

Suku Bunga Simpanan.

Suku bunga simpanan adalah suku bunga yang diberikan pihak bank untuk para debitur yang menggunakan jasa penyimpanan uang yang mana sifatnya fleksibel atau dapat berubah sewaktu waktu.
Kita bisa menarik atau menambah jumlah saldo sesuka hati tanpa batasan dan jangka waktu, berbeda dengan deposito.
Karena sifatnya yang fleksibel maka bunga simpananpun dapat dihitung dengan 3 cara yaitu dengan mengacu pada saldo rata – rata, saldo terendah dan saldo harian.

Suku Bunga Deposito

Suku bunga deposito adalah suku bunga yang diberikan bank kepada para nasabah yang mendepositokan uangnya.
Dalam segi perhitungan deposito lebih mudah dihitung daripada simpanan karena sifatnya yang tidak pernah berubah – ubah atau tetap.
Bahkan bagi masyarakat biasapun bisa menghitungnya sendiri dengan menggunakan rumus berikut :

Bunga = Jumlah deposito X Suku bunga X tenor/12

Contoh :
Jika A menyimpan deposito di bank ABCD sebesar 10 juta selama 6 bulan dengan bunga sebesar 7% maka bunga yang akan diperolehnya sebesar Rp 350.000.

Bunga = Rp 10.000.000 X 0,07 X 6/12
= Rp 700.000 X 6/12
= Rp 350.000

Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Suku Bunga Bank yang wajib hukumnya anda ketahui bagi anda pengguna produk perbankan.

Jangan Lupa baca artikel lainnya : Kenalan Dengan Kartu Kredit Easy Card YUKK dan Masalah Kartu Kredit Yang Sering Timbul Dan Cara Mengatasinya


Tentang Situs Ini

Setiap hari, kami akan memberikan informasi terkait kartu kredit untuk pembaca.

Alamat Kantor
Jl. kredit menuju sukses tahun depan !

Jam Operator
Senin—Jumat: 09:00–17:00
Sabtu & Minggu: 11:00–15:00