5 Tips Sederhana Agar Terhindar Penipuan Kartu Kredit


penipuan kartu kredit – Kartu kredit banyak digunakan oleh masyarakat umum sebagai pengganti uang tunai, dengan adanya kartu kredit masyarakat bisa merasakan banyak kemudahan seperti praktis dalam bertransaksi, mendapatkan berbagai diskon menarik, mempermudah pembayaran segala tagihan, bahkan dapat digunakan untuk tarik tunai saat kita – benar membutuhkan uang.

penipuan kartu kredit
penipuan kartu kredit

Karena banyaknya masyarakat yang menggunakan kartu kredit, maka tidak heran jika penipuan – penipuan atau kejahatan yang dulunya banyak terjadi pada kartu debit beralih ke kartu kredit karena banyaknya pengguna dan kurang sadarnya masyarakat dengan keamanan kartu kredit.

Sebagai bentuk pencegahan penipuan kartu kredit melalui online, pihak bank telah berusaha keras dengan memberikan pelayanan 3D secure dimana setiap transaksi online anda akan mendapatkan kode verifikasi melalui ponsel sehingga tidak terjadi pembelian fiktif.

Namun cara ini hanya akan melindungi anda dari kejahatan transaksi online bukan melindungi anda dari transaksi di masyarakat.

Bagaimana cara tepat mengamankan kartu kredit anda ?

Berikut 5 Tips Sederhana yang bisa anda lakukan agar Terhindar Penipuan Kartu Kredit

1. Jangan Memberikan Kartu Kredit pada Siapapun

Jangan berikan kartu kredit pada siapapun baik teman, keluarga, petugas bank tanpa pengawasan, Pihak bank tidak akan meminta atau mengambil kartu kredit anda dengan cara paksa atau di datangi ke rumah.

Karena pihak bank tidak akan pernah mau repot – repot mengambil kartu kredit di rumah customer, karena semua transaksi dan urusan bisa di urus dengan mudah melalui sistem perbankan masing – masing Bank.

2. Jangan Menerima Pengajuan Limmit

Jika kredibiltas penggunaan dan pembayaran kartu kredit anda baik, pihak bank biasanya akan menawarkan kenaikan limmit kartu kredit bagi anda melalui telepon, Dan jika anda menyetujuinya biasanya pihak bank akan menyuruh anda untuk mendatangi cabang terdekat.

Satu hal lagi yang perlu anda tahu, pihak bank tidak akan mengambil kartu kredit anda di rumah untuk menaikan limmit, jangan percaya jika ada petugas yang mencoba meminjam atau mengambil kartu kredit anda.

Untuk pengajuan limmit anda bisa menghubungi call center atau langsung mendatangi cabang Bank Penerbit kartu kredit. Bisa juga dengan menghubungi lembaga keuangan perantara yang mengurusi pengajuan kartu kredit anda.

3.Penghancuran kartu kredit

Kesalahan terbesar kita saat tidak ingin menggunakan kartu kredit maupun kartu debit adalah langsung membuangnya tanpa merusaknya terlebih dahulu, kita sering berpikir dengan membuangnya semua beban dan urusan kita akan selesai.

Tapi ternyata hal seperti ini dapat memicu tindakan penipuan yang akan merugikan diri anda, chip dan magnetic scrip yang masih utuh bisa digunakan untuk mencuri data kita dan menyalahgunakannya.

Jadi untuk keamanan guntinglah kartu kredit dan debit yang tidak digunakan sampai merusak chip dan magnetic scriptnya, atau hancurkanlag kartu kredit anda sampai tidak dapat digunakan lagi.

4. Berhati – hatilah Saat Bertransaksi

Jangan biarkan kartu kredit anda di tangan orang lain tanpa pengawasan meskipun kartu kredit tersebut berada di tangan karyawan toko tempat anda bertransaksi.

Awasilah setiap gesekan yang dilakukan, jangan terima gesek dua kali untuk menghindari penyalahgunaan kartu kredit, waspadailah skimming pada kartu kredit.

Dan jangan biarkan orang lain mengetahui pin kartu kredit anda, pastikan juga agara kartu kredit tidak tertukar saat melakukan transaksi di tempat ramai.

Baca Artikel Lainnya  : Awas bahaya skimming kartu kredit dan cara menghindarinya

5. Ganti Pin Secara Berkala

Cara yang satu ini adalah cara termudah agar terhindar Penipuan Kartu Kredit, pastikan orang lain tidak tahu kata sandi kartu kredit dan juga data – data pribadi anda.

Gantilah pin kartu kredit anda seminggu atau 2 minggu sekali, gunakanlah pin yang sulit ditebak, jangan gunakan pin simpel seperti angka 0 sampai 9, tanggal lahir baik tanggal lahir anda atau orang terdekat karena akan mudah ditebak jika sampai kartu kredit berada di tangan orang lain.

Nah itu tadi 5 Tips Sederhana Agar Terhindar Penipuan Kartu Kredit, meski pihak bank juga membantu kita dengan menyediakan sistem keamanan namun ada baiknya kita juga menjaga agar keamanan kartu kredit kita bisa aman.

Karena keamanan kartu kredit adalah tanggung jawab kita sebagai pemegang kartu kredit.

 


Tentang Situs Ini

Setiap hari, kami akan memberikan informasi terkait kartu kredit untuk pembaca.

Alamat Kantor
Jl. kredit menuju sukses tahun depan !

Jam Operator
Senin—Jumat: 09:00–17:00
Sabtu & Minggu: 11:00–15:00