Ingin Beli Rumah, Ikut KPR yuk….


KPR – Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok dalam hidup, bahkan rumah atau hunian menjadi kebutuhan utama dan pertama dalam masyarakat.

Banyaknya populasi di negeri ini membuat permintaan akan hunian semakin banyak, namun dengan harga hunian dan tanah yang melambung tinggi di Indonesia membuat harga hunian tidak terjangkau.

kpr
kpr

Salah satu cara agar hunian tersebut dapat tersentuh yaitu dengan melakukan pembelian dengan cara kredit salah satunya dengan ikut program KPR.

 

Pengertian KPR

KPR adalah salah satu produk perbankan yang diberikan kepada pembeli hunian baik rumah, apartemen, Ruko dan lain – lain.

Produk perbankan yang satu ini hanya bisa digunakan untuk pembelian properti tidak bisa digunakan untuk kebutuhan lainnnya seperti yang bisa dilakukan oleh kredit multi guna.

 

Syarat Pengajuan KPR

Sama seperti proses lainnya, KPR juga harus melaui beberapa tahapan dan juga pemenuhan persyaratan.

Nah buat anda yang ingin mengajukan KPR pada bank, berikut syarat – syarat yang harus anda penuhi.

  • Warga Negara Indonesia ( WNI )

Pengajuan KPR hanya bisa dilakukan oleh warga negara Indonesia saja dan juga berdomisili di Indonesia.

Bagi anda yang merupakan warga Indonesia namun berdomisili di negara lain tidak akan bisa melakukan pengajuan ini karena selain tidak memenuhi syarat, pihak bank juga akan kesulitan untuk mengurus perkreditan anda.

  • Memiliki Penghasilan Dan Pekerjaan Tetap

KPR adalah salah satu kredit dengan tenor atau jangka waktu yang cukup lama karena jumlah pinjamannya yang cukup tinggi.

Sehingga penting bagi bank untuk melihat dan memastikan kesanggupan anda dalam pelunasan pembayaran.

Jika anda berprofesi sebagai karyawan, maka anda harus menjadi karyawan tetap dan telah bekerja selama 2 tahun jika ingin mengajukannya.

Sedangkan untuk Wiraswasta, harus memiliki pengalaman dan bisnis tersebut harus telah berjalan setidaknya 3 tahun.

Dan untuk para pekerja profesional atau ahli, anda harus telah bekerja selama 2 tahun untuk bisa mengajukan kredit.

  • Penghasilan Mumpuni

Meskipun anda telah menjadi karyawan, wiraswasta atau wirausahawan yang cukup lama, namun penghasilan yang harus anda dapatkan perbulan adalah 6 sampai 8 juta.

  • Cukup Umur

Usia minimal yang diperbolehkan untuk mengajukan kredit adalah 21 tahun, baik kredit KPT, KTA , Kredit Multi guna ataupun pengajuan kartu kredit.

Cara Mengajukan KPR

Setelah semua persyaratan di atas telah terpenuhi , maaka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengajukan KPR.

Namun sebelum mengajukan tidak ada salahnya untuk mengecek status ataau repurtasi anda di BI Cheking untuk memuluskan urusan pengajuan kredit.

Baca Artikel Lainnnya : Cara cek Status BI Cheking

Setelah semua beres berikut cara mudah mengajukan Kredit Pemilikan Rumah dengan mudah.

Pilih Rumah Atau Hunian

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih rumah, ruko, apartemen dan properti lainnya yang ingin anda ajukan untuk KPR.

Untuk pemilihan sendiri bebas, anda bisa minta bantuan pihak bank untuk mencarikan hunian yang bekerja sama dengan KPR atau anda silahkan memilih sendiri hunian favorit anda.

Jangn lupa untuk mencari informasi selengkap – lengkapnya mengenai harga, cicilan, apakah hunian tersebut menjalin kerja sama dengan produk KPR dari bank ataupun lembaga pembiayaan.

Tanda Jadi Dan Uang Muka

Setelah mendapatkan target sasaran hunian yang sesuai, buatlah kesepakatan dengan developer dengan membuat tanda jadi agar hunian tersebut tidak diberikan pada orang lain.

Setiap developer berbeda – beda ada yang harus membayar uang muka sebagai tanda jadi ada pula yang hanya meminta persetujuan untuk membuat tanda jadi.

Mengajukan KPR di Bank

Setelah uang muka terbayar, maka hal yang harus anda lakukan adalah mengajukan KPR.

Beberapa developer biasanya akan memiliki partner bank untuk mempermudah proses pengajuan KPR.

Namun jika anda merasa tidak cocok dengan partner bank tersebut, anda masih bisa mengurusnya sendiri di bank yang telah dipilih.

Umumnya berkas dan persyaratan yang dibutuhkan untuk mengurus KPR sama dengan persyaratan kredit lainnya seperti kartu identitas, kartu identitas istri atau suami bagi yang telah menikah disertai dengan akta nikah.

Fotokopi slip gaji 3 bulan terakhir, Fotokopi pembayaran listrik 3 bulan terakhir dan lain – lain.

 

Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai KPR, dengan tingginya harga properti dari tahun ke tahun, tidak ada salahnya untuk mengajukan KPR sejak dini untuk kenyamanan kita di masa mendatang.

Ayo coba KPR….

 


Tentang Situs Ini

Setiap hari, kami akan memberikan informasi terkait kartu kredit untuk pembaca.

Alamat Kantor
Jl. kredit menuju sukses tahun depan !

Jam Operator
Senin—Jumat: 09:00–17:00
Sabtu & Minggu: 11:00–15:00