Cara Menghindari Pemborosan Kartu Kredit


Cara Menghindari Pemborosan Kartu Kredit – Banyak masyarakat yang menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran atau transaksi.

Kemudahan dan bonus yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas digital yang satu ini.

Bahkan bagi masyarakat yang tidak memiliki uang tetap bisa berbelanja seperti biasa menggunakan kartu kredit, meskipun sama seperti saat kita berhutang.

Cara Menghindari Pemborosan Kartu Kredit
Cara Menghindari Pemborosan Kartu Kredit

Namun kartu kredit merupakan pisau bermata dua, jika kita gunakan dengan bijak maka kita akan mendaptkan hal positif.

Namun jika kita salah menggunakannya maka bisa – bisa anda akan mengalami kerugian meskipun kerugian tersebut sebanding dengan fasilitas yang kita dapatkan.

Sehingga tidak heran jika beberapa pemakai kartu kredit mengalami hutang dan bertumpuk – tumpuk karena tidak bijaknya penggunaan kartu kredit.

Untuk menghindari hal tersebut berikut cara menghindari pemborosan kartu kredit yang harus anda lakukan.

1.Pahami syarat dan ketentuan

Dalam pembuatan kartu kredit anda harus memahami syarat dan ketentuan yang berlaku, pahami dan pikirkan dengan cermat cara penggunaan kartu, bunga yang akan anda terima, cara pembayaran, bonus atau reward yang akan anda dapatkan.

Hal ini penting agar antara anda dan pihak bank penerbit kartu kredit tidak mengalami miss komunikasi.

Banyak dari kita yang tidak cermat mengenai bunga yang akan dibebankan pada kita.

Sehingga seolah – olah pihak bank memberi bunga yang besar namun ternyata itu kesalahan kita dalam strategi pembayaran tagihan.

2. Tetapkan Limit

Meskipun dari pihak bank telah membantu anda dalam penentuan limit, namun anda harus menentukan limit pemakaian anda sendiri.

Agar anda bisa mengatur keuangan dan tidak melakukan pengeluaran yang berlebihan.

Semisal pihak bank memberi batas limit pemakaian sebesar Rp 10 juta maka buatlah limit antara 7 – 8 juta sehingga pengeluaran anda tidak terlalu banyaak.

Atau sesuaikan dengan pendapatan yang anda terima, jangan sampai besar pengeluaran dari pada pendapatan.

3. Cari Barang Berdiskon

Membeli barang berdiskon dapat mengurangi pengeluaran anda, setidaknya anda bisa menyimpan beberapa persen uang yang anda miliki .

Sehingga penting sekali memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan, jangkauan dan juga berelasi dengan langganan belanja anda. Baca disini.

Di beberapa perbelanjaan dengan menggunakan kartu kredit jenis tertentu bisa menghemat pengeluaran anda sampai 10% ditambah lagi dengan reward atupun cash back.

4. Bayar penuh tagihan

Pada beberapa produk credit card kita biasa diberikan pilihan pembayaran tagihan minimum, sehingga kita tidak terlalu berat menanggung tagihan yang kita bayarkan.

Namun alangkah baiknya jika anda membayar tagihan sesuai dengan yang anda keluarkan agar tidak memperbesar bunga dikemudian hari.

Bunga yang tidak anda bayarkan jika dibiarkan akan bertambah sehingga memberatkan anda di kemudian hari.

5. Teliti Tagihan

Telitilah semua rincian tagihan yang diberikan bank kepada anda, jangan asal membayar namun telitilah apakah pengeluaran tersebut benar – benar anda gunakan atau ada pihak lain yang menggunakan.

Selain itu jangan takut untuk menghubungi pihak pelayanan atau services jika mengalami kesulitan atau masalah.

Laporkan dengan segera jika ada tindak mencurigakan dengan credit card anda.

6. Menggunakan Kartu Kredit Sebagai Dana Cadangan

Salah satu manfaat kartu kredit adalah menjadi dana cadangan.

Dengan menggunakan kartu kredit kita tidak perlu bingung jika membutuhkan dana emergency atau darurat, karena anda bisa menggunakan kartu kredit anda.

Namun satu hal yang harus dipahami, jangan selalu menjadikannya dana cadangan terlebih lagi dalam jumlah besar.

Untuk nominal yang relative kecil, dana cadangan kartu kredit bisa anda manfaatkan namun dalam jumlah banyak anda juga harus memikirkan berapa besar total tagihan yang akan anda dapatkan.

7. Konsultasikan Keuangan

Sebagian orang merasa malu untuk mengkonsultasikan masalah keuangan yang sedang dihadapi.

Namun ada baiknya anda mengkonsultasikan keuangan baik secara langsung atau melalui media social yang lebih praktis agar keuangan lebih teratur dan lancar.

 

Nah itu tadi Cara Menghindari Pemborosan Kartu Kredit yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari – hari. Penggunaan kartu kredit dengan tepat dapat membantu mobilitas sehari – hari namun penggunaan kartu kredit untuk hal yang tidak perlu akan menambahi beban anda.


Tentang Situs Ini

Setiap hari, kami akan memberikan informasi terkait kartu kredit untuk pembaca.

Alamat Kantor
Jl. kredit menuju sukses tahun depan !

Jam Operator
Senin—Jumat: 09:00–17:00
Sabtu & Minggu: 11:00–15:00