Cara Mencegah Penipuan Kartu Kredit


Nomor kartu kredit curian tidak mungkin menghabiskan biaya, tapi ini bisa menjadi masalah besar, oleh karena itu perlu dilakukan langkah-langkah untuk mencegah kecurangan di tempat pertama. Sebagian besar kartu kredit menawarkan kebijakan tanpa kewajiban, dan undang-undang membatasi tanggung jawab Anda, bank lebih merupakan korban moneter daripada Anda.

Penipuan Kartu Kredit
Penipuan Kartu Kredit

Bagi konsumen, sakit kepala terletak pada menemukan dan melaporkan nomor kartu kredit curian, menunggu kartu baru dikirimkan dan merevisi akun autopay yang terkait dengan nomor kartu curian tersebut. Dan bagi sebagian orang, ada komponen emosional, perasaan bahwa privasi seseorang telah dilanggar.

Meskipun Anda tidak dapat menghindari semua penipuan kartu kredit, Anda dapat membatasi kerentanan Anda dan menghindari kerepotan.

Tips untuk mencegah penipuan kartu kredit

WASPADAI ‘PHISHING’

Phishing adalah tipuan untuk mengelabui konsumen agar mengungkapkan informasi pribadi, termasuk nomor kartu kredit. Hal ini dapat terjadi melalui email, telepon, teks atau surat siput. Phisher kadang mencoba untuk mendapatkan kepercayaan dengan menggunakan logo dan nama perusahaan yang familiar dalam salah mengartikan diri mereka sendiri.

Pencegahan penipuan: Umumnya mewaspadai permintaan informasi pribadi, apa pun sumbernya. Independen verifikasi legitimasi dari mereka yang meminta nomor kartu kredit Anda.

IDENTIFIKASI ‘SKIMMING’

Apa itu : Skimming adalah saat pencuri mencuri nomor kartu saat transaksi normal dan menggunakannya untuk membuat kartu palsu atau melakukan transaksi yang tidak memerlukan kartu fisik, seperti pembelian online.
Skimming bisa terjadi saat Anda memberikan kartu kredit Anda ke pelayan restoran atau operator call center. Hal itu juga bisa terjadi melalui perangkat skimming yang secara diam-diam menempel pada terminal pembayaran, seringkali di tempat yang tidak dijaga seperti di pompa bensin atau ATM.

GUNAKAN KARTU BERBEDA UNTUK PEMBELANJAAN AUTOPAY dan Harian

Pertimbangkan untuk menetapkan salah satu kartu kredit Anda untuk digunakan hanya untuk akun autopay, seperti tagihan telepon nirkabel dan langganan situs web. Lalu jangan gunakan kartu itu untuk hal lain. Dengan begitu, kartu kredit just-for-bills ini tidak di alam liar diproses oleh panitera ritel dan server restoran, atau digesekkan oleh pembaca pompa bensin. Gunakan kartu pembayaran lain untuk belanja sehari-hari.

Baca juga cara syarat membuat kartu kredit

Teknik ini tidak akan mencegah kecurangan pada kartu pengeluaran sehari-hari Anda, namun jika salah satu kartu dilanggar, paling tidak Anda tidak perlu repot mengubah akun autopay Anda dan berpotensi menimbulkan biaya keterlambatan pembayaran.

Umumnya, ada baiknya menyimpan catatan di mana nomor kartu kredit Anda disimpan .

BAYAR DENGAN TELEPON ANDA

Layanan pembayaran berbasis smartphone seperti Apple Pay dan Android Pay membuat membayar di toko lebih aman karena mereka menggunakan teknologi tokenization untuk mengubah informasi pembayaran dengan setiap transaksi. Pedagang itu tidak pernah mengumpulkan nomor kartu kredit yang sebenarnya.

Selain itu, layar kunci perangkat sering dilindungi kata sandi, sehingga telepon tidak dapat digunakan tanpa terkunci, biasanya dengan nomor identifikasi pribadi atau identifikasi biometrik, seperti sidik jari.

BERPIKIR DUA KALI UNTUK MEMBAYAR LAYANAN ANTI-PENIPUAN

Layanan pemantauan kredit tampaknya mengklaim melindungi Anda dari pencurian identitas, tapi ternyata tidak. Mereka mengingatkan Anda setelah hal itu terjadi. Secara keseluruhan, mereka tidak melakukan lebih dari yang bisa Anda lakukan sendiri . Selain itu, sebagai masalah praktis, Anda tidak bertanggung jawab atas pembelian kartu kredit yang tidak benar, yang mengurangi insentif untuk membayar biaya tambahan untuk asuransi atau layanan.

PENGAMANAN LAIN UNTUK MENCEGAH KECURANGAN KARTU KREDIT

  • Jangan pernah memberikan informasi kartu kredit melalui media sosial
  • Jangan biarkan orang lain menggunakan kartu Anda
  • Jangan melakukan transaksi kartu kredit di tempat umum, seperti perpustakaan dan bandara, dan pada Wi-Fi publik
  • Memperkuat password online untuk memasukkan kombinasi huruf, angka dan karakter khusus secara acak – berbeda untuk setiap akun, idealnya
  • Dokumen rusak yang tidak diinginkan yang menunjukkan nomor kartu kredit Anda
  • Terus perbarui aplikasi dan perangkat lunak anti-virus
  • Percaya naluri Anda Jika sebuah situs web tampak teduh, jangan gunakan itu.

Menemukan kecurangan dan mencegah lebih banyak

Sebagian besar pencegahan kecurangan membatasi kerusakan setelah nomor kartu kredit terganggu.

  • Bertindak cepat saat dompet Anda dicuri . Tugas pertama Anda adalah membatalkan kartu kredit tersebut.
  • Pantau laporan keuangan Anda . Kaji ulang kartu kredit dan laporan bank untuk memastikan Anda mengenali transaksi. Menggunakan aplikasi smartphone penerbit kartu dan menyiapkan notifikasi teks adalah cara untuk tetap diperbarui.
  • Periksa laporan kredit secara teratur. Anda berhak mendapatkan satu laporan kredit gratis setiap tahun dari masing-masing tiga biro pelaporan kredit utama. Pertimbangkan untuk meminta satu laporan setiap empat bulan untuk memeriksa informasi yang mencurigakan, terutama kartu kredit baru yang tidak Anda kenal.

Tentang Situs Ini

Setiap hari, kami akan memberikan informasi terkait kartu kredit untuk pembaca.

Alamat Kantor
Jl. kredit menuju sukses tahun depan !

Jam Operator
Senin—Jumat: 09:00–17:00
Sabtu & Minggu: 11:00–15:00