Cara Melihat Repurtasi Kredit Di BI Cheking, Wajib Untuk Para Kreditur…


BI Cheking –  Bi Cheking adalah laporan lengkap yang dikeluarkan Bank Indonesia mengenai riwayat perkreditan seseorang baik melalui perbankan ataupun non bank.

BI Cheking berisi informasi mengenai repurtasi anda dalam dunia perkeditan atau bahkan keuangan, sehingga tidak heran jika semua bank atau lembaga keuangan akan menggunakan BI Cheking sebagai acuan ataupun dasar dalam menentukan keputusan perkreditan ataupun kerjasama.

BI Cheking
BI Cheking

Banyak dari kita yang menyalahkan pihak bank karena penolakan perkreditan meskipun dalam segi atministrasi semuanya sudah lengkap.

Namun pernahkan anda berpikir mengenai repurtasi keuangan anda di dunia perbankan?

Nah bagi yang ingin menegcek repurtasi keuangan dan perkreditan di mata lembaga keuangan, anda bisa membaca ulasan artikel berikut.

Penggunaan BI Cheking

Sebelum melangkah ke cara pengecekan, anda wajib tahu produk perbankan apa saja yang mengunakan landasan BI Cheking dan apakah produk di bawah ini termasuk produk pebankan yang sedang anda ajukan?

Kartu Kredit

Kartu kredit memang sedang banyak digandrungi masyarakat terutama kaum milenial dan masyarakat melek teknologi.

Manfaat dan kepraktisan yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri, nah bagi anda yang sedang mengurus kartu kredit, selain persyaratan umum anda juga harus memperhatikan status BI Cheking jika anda mengurus kartu kredit sendiri tanpa perantara lembaga keuangan yang membantu.

KTA

KTA adalah kredit tanpa anggunan, atau anda bisa meminjam uang di bank tanpa jaminan sama sekali, cukup datang, ajukan dan penuhi persyaratan maka dalam waktu singkat pinjaman akan berada di tangan anda.

Baca : Pengertian, Jenis dan Cara Membuat KTA

Namun salah satu syarat mengajukan KTA adlah memiliki kartu kredit, dengan memiliki kartu kredit berarti anda telah lolos dari BI Cheking dan ortomatis KTA anda akan diproses dengan cepat.

KPR

KPR dalah kredit kepemilikan rumah, bagi anda yang tengah mengajukan kredit jenis ini anda juga harus memastikan jika repurtasi anda baik di BI Cheking agar kredit tersebut dapat di setujui.

KPM

KPM atau kredit pemilikan motor atau mobil juga menggunakan BI Cheking untuk mengurus perkreditan motor atau mobil.

Bahkan permasalahan kredit di perkreditan kendaraan seperti ketidak lancaran pembayaran, tunggakan yang terlalu banyak, kredit macet bisa mempengaruhi repurtasi di BI Cheking yang berimbas pada kredit lainnnya.

Meskipun kredit jenis ini tidak menggunakan bank melainkan menggunakan lembaga keuangan seperti adira, wom, spektra dan lain – lain namun perusahaan pembiayaan tersebut juga mengunakan BI Cheking untuk melihat riwayat keuangan anda.

Cara Cek Status DI BI Cheking

  1. Kunjungi situs resmi bank Indonesia, anda bisa membukanya melalui komputer, notebook, laptop ataupun smartphone atau klik di sini.
  2. Setelah situs Bank Indonesia terbuka, akseslah formulir credit bureau maka akan terlihat jelas beberapa kolom yang harus anda isi dengan lengkap.
  3. Setelah semuanya lengkap, kirim formulir tersebut kemudian tunggu.
  4. Proses penegcekan biasanya akan memakan waktu berhari – hari kemudian jika semua pross pengecekan telah selesai maka anda akan mendapatkan email konfirmasi mengenai status kredit anda.
  5. Setelah mendapatkan email konfiirmasi, print email tersebut.
  6. Terakhir datanglah ke Bank Indonesia dengan membawa email dari Bank Indonesia yang telah di print dan juga katu identitas, kemudian pihak bank akan menjelaskan repurtasi kredit atau keuangan anda.

 

Kontekbilitas Dalam BI

Untuk mempermudah pengecekan repurtasi sesorang di BI Cheking, pihak bank biasanya akan menggunakan kontekbilitas atau pengkategorian untuk melihat kelancaran kredit yang nantinya akan mempengaruhi status anda, seperti :

  1. Kredit lancar

Bagi  yang memiliki kontekbilitas atau repurtasi ini anda bisa berbangga diri, karena dengan repurtasi kredit yang lancar tersebut anda bisa dengan leluasa melakukan pengajuan kredit lainnya bahka 99% pihak bank akan langsung menyetujuinya.

  1. Kredit Dalam Perhatian Khusus

Status ini biasanya disematkan bagi anda yang tengah menunggak 1- 2 bulan cicilan tagihan baik cicilan kartu kredit, kredit kendaraan , kredit hunian ataupun pinjaman lainnya.

  1. Kredit Tidak Lancar

Dalam fase ini, sistem keuangan dan repurtasi anda sudah cukup buruk, tidak ada cara lain selain melunasi semua tunggakan untuk membersihkan nama anda.

  1. Kredit Diragukan

Dalam konteks ini bukan anda yang diragukan tapi kesanggupan anda dalam pembayaran kredit selanjutnya karena sebelumnya anda telah memiliki tanggunan kredit yang belum jatuh tempo.

  1. Kredit macet

Kredit macet adalah kredit yang sudah tidak bisa diselamatkan bahkan stelah melakukan negosiasi ataupun usaha lainnya.

Jika anda mengalami hal ini, besar kemungkinan pihak bank akan ragu dengan pengajuan kredit anda karena melihat pengalaman kredit di sebelumnya.

Nah itu tadi cara cek status di BI Cheking, bayarlah semua tagihan tepat pada waktu agar repurtasi anda tidak tercoreng sehingga akan mempermudah segala urusan anda di kemudian hari dan tidak ada salahnya untuk mencari informasi status anda sebelum mengajukan kredit.

 


Tentang Situs Ini

Setiap hari, kami akan memberikan informasi terkait kartu kredit untuk pembaca.

Alamat Kantor
Jl. kredit menuju sukses tahun depan !

Jam Operator
Senin—Jumat: 09:00–17:00
Sabtu & Minggu: 11:00–15:00